Sabtu, 24 Februari 2024 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
MasjidRaya.commedia silaturahmi umat
Agenda
Bahas Fiqih Haji

Menag Hadiri Muktamar Taisyir di Jeddah

Senin, 19 Juni 2023
Kemenag
Menteri Agama di Terminal VIP Soekarno-Hatta, Senin (19/8/2023).*

MasjidRaya - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertolak ke Arab Saudi untuk menghadiri Muktamar Taisyir 1444 H/2023 M yang diselenggarakan Pemerintah Arab Saudi. Muktamar yang dihadiri Menteri Agama sedunia ini akan membahas terkait Fiqih Ibadah Haji.

"Saya akan menghadiri Muktamar Taisyir yang membahas kemudahaan Fiqih Haji, agar jamaah haji Indonesia dan jamaah seluruh dunia, terutama yang lansia tetap bisa ibadah dengan baik," ungkap Menag sebelum bertolak ke Saudi dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Senin (19/6/2023).

Menag berharap hasil muktamar ini nantinya menghasilkan panduan fiqih yang memudahkan seluruh jamaah dalam beribadah haji dengan tetap melaksanakan syarat dan rukun haji secara sempurna.

Ia juga mengimbau para jamaah untuk tetap menjaga stamina fisiknya jelang puncak haji. Jamaah diminta untuk tetap menjaga asupan gizi dan vitamin. Tak lupa Gus Men, panggilan akrab Menag, mengimbau jamaah untuk sering-sering minum air, meskipun tidak terasa haus. Ini dapat menjaga diri agar selalu terhidrasi.

"Air putih ini sangat penting apalagi air zam-zam gampang didapat. Dehidrasi ini dapat menyebabkan banyak penyakit, terutama para untuk lansia, " ungkapnya.

"Kemarin sempat dengar dari Dokter KKHI, kekurangan asupan air itu dapat menyebabkan demensia, kita berharap semua jamaah dan petugas dapat minum air yang banyak," harapnya.

Tak hanya itu, Menag juga meminta agar jamaah tak perlu memaksakan diri untuk salat di area Masjidil Haram. "Karena sudah di Tanah Haram, di Mekah, karena beribadah di semua area Tanah Haram pahalanya sama saja. Jangan memaksakan diri. Yang penting jaga kesehatan karena ini belum puncaknya," jelasnya.

Terakhir, ia berharap semua jamaah bisa melaksanakan haji dengan baik dan mendapat pelayanan terbaik oleh petugas. Sehingga bisa pulang dengan menyandang haji mabrur.* das/Kemenag - masjidraya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR