Minggu, 22 Mei 2022 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Syiar
Masjid Raya An-Nur Riau

Taj Mahal-nya Riau, Salah Satu Masjid Termegah di Indonesia

Jumat, 25 Maret 2022
Istimewa
MASJID yang terletak di pusat kota Pekanbaru ini mempunyai fasilitas lengkap sebagai Islamic Centre. Sebagai masjid terbesar di Sumatera, Masjid An-Nur dilengkapi fasilitas pendidikan mulai playgrup hingga SMA serta fasilitas perpustakaan yang lengkap.*

MasjidRaya.com - Perpaduan arsitektur Melayu, Turki, Arab, dan India menjadi ciri khas Masjid Agung An-Nur Pekanbaru, Riau. Masjid yang mulai dibangun pada tahun 1963 dan selesai tahun 1968 ini, merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia.

Masjid yang terletak di pusat kota Pekanbaru ini mempunyai fasilitas lengkap sebagai Islamic Centre. Sebagai masjid terbesar di Sumatera, Masjid An-Nur dilengkapi fasilitas pendidikan mulai playgrup hingga SMA serta fasilitas perpustakaan yang lengkap.

Masjid An-Nur telah mengalami beberapa kali renovasi. Pada tahun 2000, masjid ini mengalami renovasi besar-besaran dan luas areal masjid bertambah dari 4 hektar menjadi 12,6 hektar.

Penggunaan arsitektur India, menyebabkan Masjid An-Nur Riau sering disebut sebagai Taj Mahalnya Provinsi Riau. Bila kita amati arsitektural masjid yang dirancang oleh Ir. Roseno ini, memang memiliki beberapa kesamaan dengan Taj Mahal. Bangunan masjid yang mampu menampung sekitar 4.500 orang jamaah ini, terdiri dari tiga tingkat. Tingkat atas digunakan untuk shalat dan tingkat bawah untuk kantor dan ruang pertemuan.

Masjid ini mempunyai tiga tangga, satu tangga di bagian depan dan dua tangga di bagian samping. Di bagian atas terdiri dari 13 pintu dan bagian bawah terdiri dari 4 pintu serta mempunyai kamar-kamar yang besar dan aula. Lantai bawah masjid merupakan sekretariat pengurus masjid, manajemen, remaja masjid serta ruang-ruang kelas tempat pelaksanaan pendidikan Islam. Masjid Agung An-Nur Riau juga dilengkapi dengan eskalator penghubung antara lantai satu dan dua.* ati - masjidraya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR