Jumat, 29 Maret 2024 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
MasjidRaya.commedia silaturahmi umat
Muamalah

Lewat Program RW Mandiri, Infak dan Sedekah di Kota Bandung Meningkat

Jumat, 22 September 2017
humas pemkot bandung
WAKIL Walikota Bandung, Oded M. Danial ketika "ngaliwet" di RW 01 Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Kamis (21/9).*

MRB - Program RW Mandiri di Kota Bandung yang digagas oleh Wakil Walikota Bandung, Oded M. Danial terus berkembang pesat. Keberhasilan progam ini terlihat dari penerimaan infak dan sedekah dari warga yang semakin meningkat setiap bulannya.

Untuk menguatkan Program RW Mandiri, pada Kamis (21/9/2017) lalu, Oded mengadakan silaturahmi yang dikemas dalam acara “ngaliwet” di RW 01 Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung. Acara dilaksanakan berbarengan dengan Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah. Oded hadir beserta istri, Siti Muntamah Oded M. Danial.

Oded menuturkan, di Kelurahan Sukaraja, seluruh RW telah melaksanakan program tersebut. Setiap RW telah mengumpulkan dana hasil swadaya masyarakat melalui infak dan sedekah dengan jumlah yang variatif.

"Ada yang sudah sampai Rp 13 juta per bulan, per-RW. Ada juga yang baru 7 juta, lima juta, ada juga yang baru 3 juta," ungkap Oded.

Bagi Oded, program RW Mandiri merupakan implementasi dari konsep infak dan sedekah dalam Islam. "Ini merupakan sebuah gerakan infaq shodaqoh sebagai hal dasar fondasi setiap RW dalam membangun RW mandiri," katanya.

Kelak, dana tersebut bisa digunakan oleh masyarakat sendiri untuk keperluan umum, seperti membayar listrik masjid, perbaikan sarana-sarana RW, dan sebagainya. Dengan begitu, warga bisa memenuhi kebutuhannya sendiri dengan cara bergotong-royong.

Oded menambahkan, program ini juga bisa dimaknai sebagai perubahan positif masyarakat sejalan dengan dimulainya tahun baru Islam. Sebab sejatinya, lanjut Oded, hijriyah itu berarti hijrah, berpindah menuju ke arah yang lebih baik.

"Proses perubahan yang tadinya baik jadi lebih baik, yang jelek jadi baik. Ini yang menggembirakan," katanya.*'ati – MasjidRaya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR