Senin, 8 Agustus 2022 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Inspirasi

Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam di Bulan Syawal

Senin, 17 Juli 2017

MRB - Bukan hanya Idul Fitri yang menandai bulan Syawal. Sejarah mencatat sejumlah peristiwa dalam sejarah Islam terjadi di bulan ini, salah satunya pernikahan Nabi Muhammad SAW dengan Aisyah RA.

Beberapa peperangan penting umat Islam, juga terjadi di bulan Syawal, seperti Perang Khandaq, Uhud, dan Perang Hunain. Perang Khandaq yang dimenangkan kaum muslimin terjadi pada tanggal 5 Syawal 5 Hijriah atau 627 Masehi. Perang yang juga dikenal dengan nama Pertempuran Al-Ahzab atau Pertempuran Konfederasi atau Pengepungan Madinah ini berlangsung selama 27 hari.

Untuk melindungi Kota Madinah dari serangan pasukan gabungan kaum Quraisy dan Bani Nadir, salah seorang sahabat Rasulullah yang berasal dari Persia, Salman Alfarisi mengusulkan ide untuk membuat parit di sela-sela daerah yang tidak terlindungi oleh pegunungan sebagai tempat perlindungan. Karena strategi parit tersebut, akhirnya pertempuran tersebut disebut sebagai Perang Khandaq atau Perang Parit.

Perang Uhud adalah perang yang pecah antara kaum muslimin dengan kaum Quraisy pada tanggal 7 Syawal 3 Hijriah atau 22 Maret 625 Masehi. Dinamakan Perang Uhud, karena perang yang terjadi sekitar satu tahun lebih setelah Perang Badr ini, terjadi di dekat Bukit Uhud yang terletak sekitar 4 mil dari Masjid Nabawi. Dalam pertempuran ini, pasukan kaum muslimin yang dipimpin langsung oleh Rasulullah mengalami kekalahan dari kaum Quraisy yang dipimpin Abu Sufyan. Kekalahan kaum muslimin bukan karena kalah strategi, tetapi karena anggota pasukan umat Islam tidak mendengar nasihat Rasulullah untuk menjaga posisi, mereka silau oleh harta yang ditinggalkan lawannya dan meninggalkan pos di atas bukit.

Melihat pasukan muslim banyak yang meninggalkan posnya, salah satu pimpinan kaum Quraisy , Khalid bin Walid memerintahkan pasukannya yang tersisa untuk berbalik dan menyerang pasukan muslim di pos-pos yang berada di atas bukit. Pasukan umat Islam dibunuh, termasuk Hamzah, salah seorang paman Rasulullah.

Sedangkan Perang Hunain yang terjadi di salah satu jalan dari Mekah ke Thaif, merupakan perang antara Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya melawan kaum Badui dari Suku Hawazin dan Tsaqif. Perang yang berakhir dengan kemenangan telak bagi pasukan kaum muslimin ini terjadi pada bulan Syawal 8 Hijriah, tak lama setelah Mekah berhasil dibuka oleh kaum muslim.

Perang Hunain merupakan salah satu perang yang disebutkan dalam Al-Quran, yaitu di Surat At-Taubah ayat 25 dan 26. Dalam Surat At-Taubah ayat 25, Allah berfirman, “Sesungguhnya Allah telah menolong kamu (hai para mukminin) di medan peperangan yang banyak, dan (ingatlah) peperangan Hunain, yaitu di waktu kamu menjadi congkak karena banyaknya jumlah (mu), Maka jumlah yang banyak itu tidak memberi manfaat kepadamu sedikitpun, dan bumi yang luas itu telah terasa sempit olehmu, kemudian kamu lari ke belakang dengan bercerai-berai”.

Sementara itu, di ayat 26, Allah berfirman, “Kemudian Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya dan kepada orang-orang yang beriman, dan Allah menurunkan bala tentara yang kamu tiada melihatnya, dan Allah menimpakan bencana kepada orang- orang yang kafir, dan demikianlah pembalasan kepada orang-orang yang kafir”.* ati – MasjidRaya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR