Jumat, 29 Maret 2024 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
MasjidRaya.commedia silaturahmi umat
Kabar

Open House Lebaran, Ribuan Warga Datangi Gedung Pakuan

Minggu, 25 Juni 2017
humas jabar
GUBERNUR Ahmad Heryawan dan Wagub Deddy Mizwar menerima kedatangan ribuan warga Jabar yang bersilaturahmi ke Gedung Pakuan, Minggu (25/6).*

MRB - Ribuan masyarakat dari berbagai kalangan dan daerah di Jawa Barat berbondong-bondong datang ke Gedung Negara Pakuan Kota Bandung untuk bersilaturahmi dengan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan (Aher).

Usai melaksanakan shalat idul fitri 1438 H yang digelar di lapangan Gasibu Bandung, Minggu (25/6) pagi, Gubernur Aher memang selalu melakukan tradisi open house lebaran di rumah dinasnya.

Menurut Aher, menggelar open house di hari pertama dapat lebih membangun kedekatan dengan masyarakat.

"Ini bagian dari silaturahim. Kalau silaturahim satu-persatu ketuk pintu, tentu sangat sulit dan memerlukan waktu. Tetapi ketika ada momentum lebaran, kita buka pintu silaturahim tersebut sehingga masyarakat dari mana pun berasal bisa hadir bersama kita paling tidak sebagian masyarakat Jabar," kata Aher.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Wakil Gubernur Deddy Mizwar beserta isteri yang turut mendampingi Aher bersalaman dengan masyarakat yang berbaris hingga keluar ruangan menunggu giliran bersalaman dan berfoto.

"Ini ‘kan undangan umum. Tidak ada satu pun yang diundang khusus. Jadi siapa pun boleh datang ke sini dan selalu ramai seperti tahun-tahun sebelumnya," tutur Aher.

Suasana ceria dan rasa toleransi antarumat beragama yang tinggi tampak terlihat pada saat itu. Pendeta dan Uskup dari berbagai gereja di Kota Bandung pun turut bersilaturahmi saling memaafkan.

"Kalau Uskup dan Pendeta biasa ya selalu hadir. Kita juga ada prosesi saat Natal kita biasa ngontrol di lapangan untuk menjamin rasa aman. Ternyata mereka juga luar biasa pada kita. Saat lebaran, mereka juga dating. Ini bukti rasa toleransi kita sangat tinggi," jelasnya.

Menu makanan lebaran khas Jabar tidak ketinggalan disajikan di setiap sudut ruangan, seperti opor ayam, gule, empal gentong, baso tahu, sate, kebab, dan masih banyak lagi cita rasa khas Jabar. Ditanya mengenai makanan favoritnya saat lebaran, Aher mengaku menggemari menu makanan yang serba dadakan dan sayur asam.

"Menu favorit saya sih sederhana saja, sayur asam. Tapi saying, lebaran enggak ada sayur asam ya, atau masakan dadak-dadakan seperti ikan hasil mancing langsung di goreng atau bakar," ucapnya.

Makna lebaran tahun ini, menurut Aher, adalah kembali kepada fitrah atau kesucian dan bertafakur panjang. Aher pun berpesan agar menghadirkan suasana ramadan ke dalam bulan-bulan berikutnya untuk lebih bertakwa.

"Ramadan itu ‘kan madrasah, sebuah proses untuk menghadirkan insan bertakwa yang siap membangun negeri. Mudah-mudahan jiwa-jiwa baru tersebut hadir setelah Ramadan dan Idul Fitri selesai, jiwa-jiwa itulah yang kemudian dengan semangat baru membangun hal-hal baru ke depan berinovasi memajukan bangsa ini agar menjadi bangsa yang maju dan sejahtera serta bertakwa kepada Allah SWT," ungkap Aher.

Rencananya Aher akan kembali menggelar open house di kampung halamannya, yaitu di Sukabumi esok harinya.

Sebelumnya, Aher bersama keluarga, jajaran OPD, dan FKPD Jabar dan masyarakat sekitar menggelar shalat Idul Fitri 1438 Hijriah di lapangan Gasibu dan turut menyampaikan khutbah Idul Fitri.

Dalam laporan yang dibacakan panitia, terungkap hasil penghimpunan zakat, infak, dan sedekah selama bulan Ramadan 1438 H di Provinsi Jabar. Berdasarkan laporan dari Baznas di 27 kabupaten/kota se-Jabar dan Kanwil Agama Jabar total perolehan ZIS sebesar Rp262.503.351.420. Dengan rincian, zakat fitrah yang dikonversi dengan uang sebesar Rp236.478.828.630. zakat mal Rp18.266.442.996, infak dan sedekah Rp7.758.079.794.* harie - masjidraya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR