Minggu, 22 Mei 2022 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Syiar

Nuzulul Quran, UPI Gelar Pentas Seni

Jumat, 16 Juni 2017
dok. UPI
DALAM rangka menyambut Nuzulul Quran, panitia Ramadhan Masjid Al-Furqan UPI mengadakan pentas seni yang dilaksanakan di depan Aula Masjid Al-Furqan Lt.1, Jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Minggu, (11/6).*

MRB - Dalam rangka menyambut Nuzulul Quran, panitia Ramadan Masjid Al-Furqan Univesitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengadakan pentas seni yang dilaksanakan di depan Aula Masjid Al-Furqan Lt.1, Jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Minggu, (11/6).

Pentas seni ini merupakan rangkaian kegiatan Ramadhan yang menjadi kegiatan rutin setiap bulan Ramadhan. Acara yang digelar pada saat hari Nuzulul Quran ini menampilkan nasyid, hadroh, dan qosidah.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Dr. Makhmud Syafe’i, M.Ag, M.Pd.I., penanggung jawab pentas seni Islami, mengungkapkan pelaksanaan pentas seni Islami digelar dengan menampilkan pentas seni hadroh, marawis, dan qosidah.

“Pada hari ini kita bersyukur kepada Allah Swt, karena acara ini termasuk dalam rangkaian menyambut Nuzulul Quran dan syiar Islam. Seni itu bukan hanya untuk seni, tapi seni adalah alat yang mempermudah komunikasi dakwah dan penyebaran islam,” jelasnya.

“Terutama yang datang di pesisir, termasuk di negara Indonesia melalui pentas seni. Ada juga wali yang menggunakan media wayang menjadi alat dakwah dalam rangka pengembangan Islam dan tidak sedikit musisi yang dengan kecerdasannya dapat mencerahkan umat melalui seni. Oleh karena itu, dakwah seperti ini bisa disebut dakwah kearifan budaya, karena memadukan alat dan budaya dalam rangka mencapai tujuan mulia,” tambahnya.

Penampil yang hadir, antara lain Nasyid Al-Furqan, Hadroh UPTQ UPI, Marawis Alka, dan Qosidah El-Zafaraz. Ada juga kegiatan buka bersama untuk seluruh masyarakat yang hadir di Masjid Al-Furqan serta ditutup dengan tablig akbar dan tadarus bersama yang dilaksanakan setelah salat sunah Tarawih.* harie - masjidraya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR