Minggu, 22 Mei 2022 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Muamalah

Rektor Unpad Sosialisasikan Unit Pengumpul Zakat

Sabtu, 10 Juni 2017
tedi yusup
REKTOR Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, saat melakukan silaturahmi dan buka bersama dengan civitas academica dan tenaga kependidikan Fakultas Hukum Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (8/6).*

MRB - Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad), Prof. Tri Hanggono Achmad, memaparkan sejumlah unit strategis yang dikelola Unpad kepada civitas academica dan tenaga kependidikan. Unit strategis tersebut di antaranya Koperasi Konsumen Insan Abdi Masyarakat (KKIAM) dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Unpad.

Pemaparan tersebut dilakukan Rektor saat melakukan silaturahmi dan buka bersama dengan civitas academica dan tenaga kependidikan Fakultas Hukum Unpad, di Ruang Auditorium Perpustakaan Mochtar Kusumaatmadja, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (8/06/2017). Silaturahmi dan buka bersama ini merupakan bagian dari rangkaian Safari Ramadhan yang dilakukan Rektor.

Terkait pengelolaan zakat, Rektor memaparkan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Unpad. Unit yang diresmikan sejak Juni 2016 ini merupakan upaya untuk mengakomodasi dosen dan tenaga kependidikan dalam menyalurkan zakat dan infak/sedekah, khususnya zakat profesi.

Terkait penyaluran zakat profesi, dengan adanya UPZ, pegawai tidak perlu menghitung besaran zakat yang harus dibayarkan setiap tahunnya berdasarkan jumlah penghasilan yang diterima. UPZ melalui bagian keuangan Unpad secara otomatis akan memotong besaran zakat dari penghasilan yang diterima setiap bulannya.

Bagi pegawai yang ingin berkontribusi dapat mendaftar untuk mendapatkan Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ). Dengan mendapatkan NPWZ dan masuk ke dalam program afirmasi zakat, maka warga Unpad setiap bulannya menghimpun zakat yang sumbernya dari gaji pokok per bulan.

Adapun pemanfaatan zakat akan diprioritaskan untuk para mustahik di lingkungan Unpad, yaitu mahasiswa dan warga Unpad lainnya.

Safari Ramadhan sendiri digelar sejak Selasa (6/6) hingga Kamis (22/6). Acara ini berupa silaturahmi dan buka bersama Rektor dengan berkeliling ke 17 fakultas di Unpad. Selain Rektor, turut hadir sejumlah pimpinan universitas.* harie - masjidraya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR