Minggu, 22 Mei 2022 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Muamalah

Mencari Nafkah untuk Keluarga Termasuk Jihad

Kamis, 8 Juni 2017

MRB – Bagi Allah, namanya jihad, baik besar dan kecil, tetap digolongkan jihad dan ganjarannya adalah mati syahid bagi yang melakukannya. Hal ini dikatakan Dr. Mad Ali, M.A., dalam Kajian Islam di Gedung University Center Lt. 1, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Rabu, (7/6)/2017.

“Perbuatan yang termasuk jihad juga luas, di antaranya mencari nafkah keluarga, menuntut ilmu, dan merawat orangtua juga termasuk itu,” kata Dr. Mad Ali.

Pada bagian lain, Dr. Mad Ali mengatakan berperang itu bukanlah jihad kecil. Beberapa riwayat kemudian dipakai sebagai dasar, seperti berjihad itu lebih baik daripada beribadah beberapa puluh tahun dan ancaman bagi yang hanya diam tidak ikut berperang.

“Semua itu harus diingat bahwa semuanya kembali kepada keridhoan Allah. Allahlah yang menetapkan penilaian, sekali-kali diri tidak dapat atau mampu menilai seseorang yang mengorbankan nyawanya dalam perang apakah mati sia-sia atau tergolong mati shahid, karena banyak kemungkinanya niat selain Allah dapat muncul pada diri seseorang itu ikut berperang,” kata Dr. Mad Ali.

Dr. Mad Ali mengungkapkan, bukan besar-kecilnya yang dipermasalahkan, namun ikhlas atau tidak dari jihad yang dilakukan itulah yang dilihat Allah.* harie - masjidraya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR